Rabu, 10 Juli 2013

Lanjut Studi?

source: kabarnesia.com
… "bagi mereka yang berharap memperoleh perbaikan karier dan kehidupan secara otomatis dengan sekolah lagi, bersiap-siaplah kecewa".
(Rene Suhardono)

Sampai akhir bulan ini, aku masih terus menanti. Sebuah takdir tentang apa yang menjadi harapanku belum lama ini. Harapan yang lahir insyaAlloh dari sebuah niat untuk dapat berkontribusi lebih baik. Berkontribusi bagi kehidupan banyak orang juga untuk mampu menjaga diri dari sikap meminta kepada sesama (baca: mengais rizki).
Hari ini terasa aku ingin kembali berbagi “uneg-uneg” dalam pikirku. Tentang kelanjutan studi. Bahwa semestinya ada alasan besar melekat pada diriku untuk kembali mengenyam pendidikan formal. Harus kuakui bahwa aku mengalami kebosanan luar biasa saat tak ada aktivitas berarti yang kulakukan, juga saat pikiranku menganggur. Sungguh teramat membosankan.
Tiga hari yang lalu, satu proses kujalani untuk melanjutkan studi. Syarat yang diajukan untuk meraih beasiswa pascasarjana di almamaterku belum seluruhnya terpenuhi. Sehingga aku hanya berharap hasil tes yang ku tempuh kemarin sabtu dapat menutupi kekurangannya. Pun jika ternyata hasilnya tak sesuai yang ku harapkan, aku hanya berharap kebaikan atas ketetapan-Nya. Dalam penantian ini aku hanya mampu berserah pada-Nya. Sebab ikhtiar telah kujalani, tinggal menunggu jawaban atas takdir-Nya.
Pun jika harapanku terpenuhi, tidak cukup di situ saja. Membaca kutipan yang kutulis ini ada hal terpenting yang harus senantiasa ku perbaiki. Adalah soal niat mengapa aku mencoba melanjutkan studi. Ya adalah niat menentukan kualitas seorang hamba dalam menjalani setiap amalnya. 

Tidak ada komentar: